TUGAS 5
Penggunaan Library Random
Melalui game sederhana tebak kartu dimana nantinya akan menebak hasil random kartu dari komputer
Berikut ini kode, dan hasil run- nya:
/**
* Kelas untuk random kartu
* @Iqbaal Pratama
*/
import java.util.ArrayList;
import java.util.Random;
public class randomkartu
{
private ArrayList<String> cardsuit = new ArrayList<String>();
private ArrayList<String> cardvalue = new ArrayList<String>();
public void suit(String suit1, String suit2, String suit3, String suit4)
{
cardsuit.add(suit1);
cardsuit.add(suit2);
cardsuit.add(suit3);
cardsuit.add(suit4);
}
public void value(String value1, String value2, String value3, String value4, String value5, String value6, String value7, String value8, String value9, String value10, String value11, String value12, String value13 )
{
cardvalue.add(value1);
cardvalue.add(value2);
cardvalue.add(value3);
cardvalue.add(value4);
cardvalue.add(value5);
cardvalue.add(value6);
cardvalue.add(value7);
cardvalue.add(value8);
cardvalue.add(value9);
cardvalue.add(value10);
cardvalue.add(value11);
cardvalue.add(value12);
cardvalue.add(value13);
}
public void cek(String suit, String value)
{
Random randomGenerator = new Random();
int randomval = randomGenerator.nextInt(13);
int randomsuit = randomGenerator.nextInt(4);
if( suit.equalsIgnoreCase(cardsuit.get(randomsuit)) && value.equalsIgnoreCase(cardvalue.get(randomval)))
{
System.out.println("Kartu yang anda tebak benar!!!");
}
else if(suit.equalsIgnoreCase(cardsuit.get(randomsuit)) == true && value.equalsIgnoreCase(cardvalue.get(randomval))== false)
{
System.out.println("Kartu yang anda tebak benar jenisnya namun salah angkanya");
}
else if(suit.equalsIgnoreCase(cardsuit.get(randomsuit)) == false && value.equalsIgnoreCase(cardvalue.get(randomval)) == true)
{
System.out.println("Kartu yang anda tebak benar angkanya namun salah jenisnya");
}
else
{
System.out.println("Kartu yang anda tebak salah!!!");
}
System.out.println("Kartu yang benar adalah: " + cardsuit.get(randomsuit) + " " + cardvalue.get(randomval));
}
}
/**
* Kelas main untuk mencoba program
* @Iqbaal Pratama
*/
import java.util.Scanner;
public class test {
public static void main(String[] args)
{
randomkartu game = new randomkartu();
game.suit("heart", "spade", "diamond", "club");
game.value("As", "2", "3", "4", "5", "6", "7", "8", "9", "10", "Jack", "Queen", "King");
System.out.println("Selamat datang di game Tebak Kartu!");
Scanner masukan = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan nama anda: ");
String nama = masukan.nextLine();
boolean x = true;
while(x)
{
Scanner masuk = new Scanner(System.in);
System.out.print("Pilih jenis kartu yang anda tebak! (Ketik Spade / Heart / Diamond / Club): ");
String suit = masuk.nextLine();
System.out.print("Pilih nilai kartu yang anda tebak! (Ketik As / 2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 7 / 8 / 9 / 10 / Jack / Queen / King): ");
String value = masuk.nextLine();
game.cek(suit, value);
System.out.print("Mau main lagi? (Ketik 1 untuk main lagi atau ketik 0 untuk keluar)");
int angka = masukan.nextInt();
switch(angka)
{
case 0:
System.out.println("Game selesai! Terima kasih sudah memainkan game ini, " + nama + "!");
System.exit(0);
break;
case 1:
x=true;
break;
default:
boolean y = true;
while(y)
{
System.out.println("Perintah yang anda masukkan salah!");
System.out.print("Masukkan perintah lagi!:");
int angka2 = masukan.nextInt();
if(angka2 == 1)
{
y = false;
}
else if(angka2 == 0)
{
System.out.println("Game selesai! Terima kasih sudah memainkan game ini, " + nama + "!");
x = false;
y = false;
}
else
{
continue;
}
}
}
}
}
}
Komentar
Posting Komentar